Jumat, 24 Februari 2012

Proposal Rencana Usaha

PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA






WARNET
(Dan beberapa usaha dibidang Teknologi Informasi )

A. NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “TQN-Com” yang bergerak dalam bidang usaha Teknologi dan Informasi dengan mengedepankan Jasa Warung Internet sebagai salah satu usaha andalan dalam 2 tahun pertama.

B. RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
• Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
• Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
• Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jalan Pembangunan (samping Kantor DPRD) Garut, dengan pertimbangan :
• Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi.
• Lokasi berada komplek perkantoran yang ramai.
• Lokasi berada pada perumahan penduduk.

C. TARGET PELANGGAN
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan mahasiwa disekitarnya. Mereka adalah menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekwensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting dan situs www.facebook.com


D. JENIS USAHA
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan keahlian yang saya miliki adalah :
1. Warnet (konsentrasi pada bulan pertama)
2. Service komputer (pada bulan ke-4)
3. Penjualan Voucer Pulsa (pada bulan ke-5)
4. Digital Printing (pada bulan ke-6)
5. Dan lain sebagainya, disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan anggaran yang tersedia.
Target saya adalah setiap bulan menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama didirikan beberapa cabang usaha sekaligus.

E. PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
• Komputer Pentium 4 second sebanyak 8 unit beserta perangkat jaringan.
• Koneksi internet menggunakan Speedy
• Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP.

F. MODAL & KEUNTUNGAN
Modal yang saya butuhkan untuk mendirikan warnet adalah Rp. 20.000.000 dengan rincian kebutuhan sebagai berikut :
Keterangan Harga/Unit (Rp.) Qty Jumlah Total (Rp.)
Komputer 1.100.000 8 8.800.000
Meja & karpet
Meja Lesehan 110.000 7 770.000
Meja Kantor 230.000 1 230.000
Karpet Puzel 33.000 6 198.000
Pasilitas Pendukung
Speaker Simbada 230.000 1 230.000
Printer EPSON T11+Inpus 770.000 1 770.000
Perlengkapan Jaringan 290.000 290.000
Perlengkapan Listrik 150.000 150.000
Spanduk 90.000 90.000
Biaya Akomodasi 200.000 200.000
Sewa Tempat 1 Tahun 5.000.000 5.000.000
Jumlah 16.728.000


1. Dana Cadangan Bayar Piutang 1.234.000 2 2.468.000
2. Dana Tidak Terduga 804.000 804.000
Jumlah 3.272.000

Jumlah Total 20.000.000
Keuntungan laba minimal yang saya perkiraan Rp. 3.105.000 per bulannya. Dengan asumsi sebagai berikut :
Penggunaan warnet perhari, perkomputer sejumlah masing-masing 5 jam. Maka pemasukan dari warnet itu sendiri dapat dihitung :
7 komputer x 5 jam x Rp. 3.000 per jam = Rp. 105.000
Maka dalam 1 bulan dengan asumsi sebanyak 30 hari, maka :
Rp. 105.000 x 30 hari = Rp. 3.150.000
Taksasi biaya pengeluaran:
Biaya Speedy
Biaya Listrik
Biaya Makan
Biaya Sewa Tempat
Total semua Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp. 710.000
300.000
450.000
417.000
1.877.000
Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa laba bersih yang didapat adalah:
Laba bersih = Pemasukan – Pengeluaran
= Rp. 3.150.000 – Rp. 1.877.000 = 1.273.000

G. PEMBAYARAN PIUTANG
Ilustrasi Pelunasan Piutang :
Dengan pinjaman Rp. 20.000.000 ditambah bunga sebesar 2% setiap bulannya untuk jangka waktu pelunasan 24 bulan, maka diketahui jumlah yang harus dibayar sebesar Rp. 1.234.000 setiap bulannya.
Itu sudah saya anggarkan kedalam dana perhitungan piutang aman yang diambil dari keuntungan laba minimal setiap bulannya.

H. PELELANGAN USAHA MACET
Ada dua kemungkinan yang saya ketahui dari setiap usaha yang berjalan yaitu berkembang dan macet. Karena itu saya berani berspekuliasi bila suatu waktu usaha dalam keadaan macet yaitu dengan :
1. Melelang usaha dengan semua manajemen dan cashflow; atau
2. Melelang semua perangkat komputer dan Warnet; atau
3. Menjual satu persatu ke pasaran komputer
Saya merasa yakin dengan spesifikasi komputer dan perangkat warnet yang ada dalam keadaan baik dan terurus selama saya mengendalikannnya, dan itu akan menjadi nilai jual yang lumayan. Juga Spesifikasi komputer dan perangkat warnet yang ada saya beli dengan harga dasar dan saya rakit sendiri, artinya barang bila dijual kembali tidak akan turun harga dan malah sebaliknya harganya naik.

I. PENUTUP
Demikian proposal yang saya buat, semoga menjadikan kenyataan untuk saya memiliki usaha sendiri dan semoga juga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Terima kasih








Lampiran
BIODATA PENGELOLA
Nama : Rachmat Rahayu
Tempat,tanggal lahir : Garut, 3 Maret 1980
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status : Menikah
Alamat : Jl. Bratayudha Sukadana Baru No. 1731 RT. 03 RW. 19 Kel. Kota Kulon Kec. Garut Kota Kab. Garut
Telepon : 085221514555
Email : rachmat_rahayu@yahoo.com
























Keterangan Harga/Unit (Rp.) Qty Jumlah Total (Rp.)
Creemping tool 3 hole 55.000 1 55.000
LAN Tester standard 35.000 1 35.000
TP Link Switch Hub 16 Port 300.000 1 300.000
Card Reader 40.000 1 40.000
Jumlah 430.000






PROPOSAL USAHA

1. Strategi bisnis:
o Belum adanya usaha serupa yang dijual di sekitar komplek tersebut
o Adanya produk-produk atau jasa yang saling menguatkan dan saling menutupi atas kemungkinan akan fluktuatif pembeli. (one stop book shopping, printing, software building & designing)
o Tidak mengenal adanya musim
o Iklan di internet, majalah (majalah wildan gratis), e-mail dan melalui milist, maupun direct marketing berupa penyebaran brosur.
o Usaha antar-jemput
o Timing tepat : Anak masuk sekolah
o Tempat yang tepat dekat dengan pasar swalayan aneka buana dan dekat dengan kampus-kampus Islam dan kampus umum (UIN, Universitas Muhammadiyyah membuka kelas computer)
o Penjualan dilakukan di dunia virtual http://www.toko.ikhwan-interaktif.com maupun dunia offline (sebenarnya).
o Pembelian produk dari supplier bisa on demand (atas permintaan) dan bayar mundur.
o Target market tidak hanya terhadap local (jabodetabek), akan tetapi lebih berifat internasional.
o Target market tidak hanya terhadap individu (buku, obat-2an, baju muslim/koko) akan tetapi juga terhadap pemilik usaha (web, hosting, printing, designing) dengan below the line:
- printing
- publishing
- shopping : tas anak sekolah, buku (note book), buku paket siswa (pegangan siswa), buku-buku computer/umum, buku-buku manhaj salaf, kitab-kitab berbahasa Arab, majalah Islam.
- designing meliputi : cover buku, cover vcd, internet, dan berbagai aplikasi lain yang bisa diterapkan di rumah tangga maupun industri/perusahaan seperti X-Banner.
- obat-obatan Islami
- software scripting
- videografi & Multimedia interaktif
- berbagai produk yang tidak terkategorikan seperti di atas seperti : VCD kajian, VCD Murottal, Kaset Kajian, Kaset Murottal, minyak wangi, siwak, baju muslim/koko, madu, ATK dll.
o Penjualan: sistim bagi hasil laba bersih, penjual: 30%, pemilik: 70%. Berupa kios, di lokasi yang banyak dilewati orang-orang dan strategis baik yang akan pergi berangkat kerja maupun berbelanja di pasar swalayan aneka buana atau hanya sekedar jalan. Dan dibantu dengan letak strategis di lingkungan kampus.
o Estimasi modal Barang (buku, obat-obatan dan lain sebagiannya/barang yang akan dijual Rp. 10.000.000
o Estimasi laba per bulan : (pemasukan - pengeluaran) =
(laba kotor - ongkos) =
( 14.500.000 – 4.200.000) = Rp 10.300.000
2. Kebutuhan modal awal:
o Rak buku : @ Rp. 400.000 (sudah plittur) = 4 x 400.000 = 1.600.000 + 200.000 (ongkos kirim)
o Meja kasir + Kursi : Rp. 250.000 (Perkiraan)
o Line Telp. Rp. 500.000
o Sambungan Internet
o Kendaraan
o Scanner = Rp. 900.000
o Pesawat telp./fax
o Printer
o Kipas Angin Rp. 250.000 (perkiraan)
o 1 buah kios Rp 20.000.000 /thn = 1.777.777/bulan
o Promosi : spanduk, pamflet, kartu nama, flyer, X-Banner, Nota : Rp 1.000.000
o Beli Barang (buku, obat-obatan dan lain sebagiannya/barang yang akan dijual Rp. 10.000.000
o Total : Rp 16.400.000

3. Ongkos rutin bulanan:
o Listrik + Telp. = Rp. 1.000.000 (perkiraan)
o Internet provider Rp. 2.000.000
o Sewa etalase @ Rp. 200.000 x 6 = 1.200.000
o BBM = 200.000
o Total : Rp 4.400.000,-

4. Estimasi pemasukan:
Diperkirakan bisa menjual:
- Buku 200 (sehari dianggap laku 7 buah) @ 30.000 dengan harga penerbit diskon 40 prosen/buku = 2.400.000
- VCD 50 (sehari dianggap laku 2 buah) @ 25.000 dengan harga publisher diskon 40 prosen/buah = 500.000
- Obat-obatan 350 (sehari dianggap laku 12) @ 45.000 dengan harga diskon 40 prosen/buah = 6.300.000
- Design & cetakan Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu cetakan)
- Design Internet Rp. 2.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu design)
- Design Multimedia interaktif dan videografi Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap satu design)
- Webhosting Rp. 300.000/URL/bulan (satu bulan dianggap dapat satu URL)
- Lain-lain sekitar Rp. 2.000.000 (Jual Diskete/CD/ATK/Lain2 ATK dll)
TOTAL = Rp. 15.500.000

Misalkan ada 2000 orang yang lalu lalang dan melihat brosur/iklan kita, maka kemudian kita ambil persentase konservatif bahwa akan ada 1% yang tertarik dengan iklan kita. Maka, didapatlah estimasi omset 20 buah atau pelanggan per hari.


5. Design
- Flyer (menyusul)
- Nota (menyusul)
- X-Banner (menyusul)
- Banners (menyusul)

6. Prasyarat yang harus diikuti sebelum design
- tidak membuat, mengambil gambar bernyawa kecuali bagian yang dibenarkan oleh syara’
- tidak mengandung unsur musik atau nyanyian atau kata yang tidak diperbolehkan syara’
7. Waktu buka
- Waktu buka adalah jam 09.00 – 20.00 (setiap sholat akan tutup selama +/- 15 menit),
- Waktu sebelum buka toko akan dipergunakan untuk memproses orderan, belanja dan sebagainya.
- Ketika ada pengajian toko tutup


Catatan:
1. Karena ruangan besar, maka bisa dikontrakan kepada yang lain separuh dari ruangan sekitar 400.000-Rp. 1.500.000/bln
2. Harga sewa ruangan di konversi ke bulanan sehingga ongkos perbulan seharusnya ditambah 1,7 juta, yaitu 4,2 juta + 1,7 juta = 5,9 juta
3. Scanner sangat diperlukan untuk upload foto produk/jasa di website, walau begitu usaha bisa berjalan tanpa adanya scanner
4. Printer masih dirasa belum perlu
5. Kendaraan berguna untuk memperlancar mobilitas kegiatan jual-beli produk atau jasa, dan kami telah mempunyai motor akan tetapi baru satu kali bayar (lagi nunggu STNK)
6. mengenai sambungan internet dan telp/fax, saya tidak mengetahui pasti untuk lingkungan bisnis. Akan tetapi, jika di warnet yang sudah berjalan Rp. 5.000.000 untuk paket warnet (unlimited) untuk itu dimohon bapak untuk mempertimbangkan/mengkonfirmasi kembali ke pihak yang bersangkutan.
7. Pada dasarnya computer yang sudah ada tidak memiliki spesifikasi yang bagus untuk videografi & multi media design sehingga diperlukan penambahan sebagai berikut:
- RAM yang ada 256 MB dan yang terbaca 192 MB, minimum requirement 1 Ghz
- Processor Intel M Inside requirement dual core dengan harga upgradeRp. 800.000
Untuk itu baru dapat ditargetkan masing-masing design satu design, dan juga dikarenakan kita belum mempunyai mesin cetaknya.
Untuk penambahan/upgrade diperlukan jika sudah terlihat kebutuhannya saja.
8. software scripting belum dimasukan omsetnya karena bergantung kepada perusahaan apa, dan biasanya memerlukan waktu bulanan (3 bulan) dengan harga kisaran Rp. 3.000.000-20.000.000
9. tidak dicantumkan pengurusan izin yang konon katanya hanya menghabiskan 1.000.000, benarkan harus ada?
10. Jika omset berada pada kisaran 30.000.000 (dengan pembuatan software atau memang mencapai angka tersebut) mohon diberikan kebijaksanaan untuk mengubah system penggajian kepada system bagi hasil sesuai dengan kesepakatan misal 20 : 80
11. modal beli barang saya pakai 10.000.000 walaupun sebenarnya itu akan hanya sedikit sekali untuk ukuran 6 x15 m
12. Perhitungan gaji karyawan tidak dimasukan karena bercampur dengan kursus bahasa Arab (mohon kalkulasi sendiri)
13. wassalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh





Lihat lampiran

























Lampiran

Tabel Perhitungan secara riil (tidak dibagi perbulan untuk bangunan/sewa toko)
No. Nama/Deskripsi Harga

Modal Awal
1. Rak Buku Rp. 1.800.000
2. Meja kasir + Kursi : (Perkiraan) Rp. 250.000
3. Line Telp Rp. 500.000
4. Scanner Rp. 900.000
5. Kipas Angin Rp. 250.000 (perkiraan)
6. Ruko Rp. 20.000.000
7. Promosi Rp. 1.000.000
8. Beli Produk Rp. 10.000.000
9. Printer
10. Internet
11. Pesawat telp./fax
12. Kendaraan

Total Rp. 26.700.000


Ongkos Rutin Bulanan
1. Listrik + Telp. Rp. 1.000.000 (perkiraan)
2. Internet provider Rp. 2.000.000 (perkiraan)
3. Sewa etalase @ Rp. 200.000 x 6 = 1.200.000
4. BBM = Rp. 200.000

Total : Rp. 4.400.000,-


Estimasi pemasukan
Buku 200 (sehari dianggap laku 7 buah) @ 30.000 dengan harga penerbit diskon 40 prosen/buku = 2.400.000
VCD 50 (sehari dianggap laku 2 buah)
@ 25.000 dengan harga publisher diskon 40 prosen/buah = 500.000
Obat-obatan 350 (sehari dianggap laku 12) @ 45.000 dengan harga diskon 40 prosen/buah = 6.300.000
Design & cetakan Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu cetakan)
Design Internet Rp. 2.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu design)
Design Multimedia interaktif dan videografi Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap satu design)
Webhosting Rp. 300.000/URL/bulan (satu bulan dianggap dapat satu URL)
Lain-lain sekitar Rp. 2.000.000 (Jual Diskete/CD/ATK/Lain2 ATK dll)
TOTAL =
Rp. 15.500.000

Modal beli barang diperbesar Rp. 20.000.000 karena toko terlihat begitu besar

No. Nama/Deskripsi Harga
1. Rak Buku Rp. 1.800.000
2. Meja kasir + Kursi : (Perkiraan) Rp. 250.000
3. Line Telp Rp. 500.000
4. Scanner Rp. 900.000
5. Kipas Angin Rp. 250.000 (perkiraan)
6. Ruko Rp. 20.000.000
7. Promosi Rp. 1.000.000
8. Beli Produk Rp. 20.000.000
9. Printer
10. Internet
11. Pesawat telp./fax
12. Kendaraan

Total Rp. 36.700.000

Beli produk diperbesar lagi jadi Rp. 30.000.000
No. Nama/Deskripsi Harga
1. Rak Buku Rp. 1.800.000
2. Meja kasir + Kursi : (Perkiraan) Rp. 250.000
3. Line Telp Rp. 500.000
4. Scanner Rp. 900.000
5. Kipas Angin Rp. 250.000 (perkiraan)
6. Ruko Rp. 20.000.000
7. Promosi Rp. 1.000.000
8. Beli Produk Rp. 30.000.000
9. Printer
10. Internet
11. Pesawat telp./fax
12. Kendaraan

Total Rp. 46.700.000





CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN

A.Pendahuluan

Latar belakang
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis katering makanan.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
A. Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang
3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya
2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.



B. Aspek Pemasaran
a) Target Pasar
yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya
b) Konsep pemasaran
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk katering di tempat anda. Nah, khusus, ke 10 menu itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa catering murah.
c) Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.

C0NTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK
NASI KUNING
Nasi kuning
Mie
Kering tempe
Ayam goreng
Perkedel
Krupuk udang
Rp. 7.500,-
NASI PUTIH/URAP
Nasi Putih
Urap – urap
Trancaman
Ayam bumbu rujak
Rempeyek
Rp. 7.500,-
Dan lain-lain tergantung makanan yang dipesan
Berbagai masakan yang disesuaikan dengan pesanan
d) Distribusi dan Promosi
Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kita kelola sendiri kateringnya dan di setiap meja penyajian kita tempelkan nama katering kita sebagai tanda pengenal dan promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pelayanan katering di hajatan keluarga dengan baik maka semua kenalan dan relasi*akan mengetahui kemampuan kita. Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita bisa memulai dengan memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT atau perkumpulan yang kita ikuti dan dengarkan dna minta komentar tamu kita. Dari sini kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara. Dalam bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran door to door di instansi-instansi pemerintah juga bisa dilakukan. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan Jangan pelit/segan memberikan sample masakan/mengundang makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah perusahaan/intansi..

C. Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha katering, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan--syukur-syukur bila Anda pandai memasak, dan lebih baik lagi bila Anda adalah seorang ahli memasak. Untuk menjadi pengusaha katering tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak, Anda bisa melakukan prekrutan.
Telah di jabarkan di atas bahwa katering ini dikelola bersama-sama dan tiap orang punya tugas masing-masing
Cara penjaminan mutu dengan cara kita hanya akan berproduksi setelah mendapatkan pesanan jadi masakan dijamin masih segar.
Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat keramaian. Misalnya di kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang.

D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Katering
Apa yang menjadi kunci sukses bisnis katering ini?
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk "check-list". Hal ini untuk menghindarkan situasi yang "chaos"(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah Anda pikirkan.
E. Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan

1. Kas Rp 5.000.000,00
Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan Rp 500.000,00
Kas Rp 500.000,00
(Pembelian Peralatan)
Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan

Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00


Jurnal Transaksi dalam 1 bulan

1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00

Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan

Pendapatan
Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +
Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya
Biaya Angkut Rp 200.000,00
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +
Rp 3.200.000,00 +
Laba Rp 600.000,00









SURAT PERJANJIAN KERJASAMA
MERCHANT/MITRA SIXTEENHOLE.COM



Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Bambang Setiawan
Jabatan : Manager
Alamat : Jl. Pancuran No.18 Cirebon 45122

Selanjutnya di sebut sebagai Pihak Pertama dan mewakili Sixteenhole Management.

Nama : ………………………………….
Jabatan : ……………………………………….
ID Member : http://sixteenhole.com/profile/xxxx ( xxx = id anda)
Nama Usaha : …………………………… ……..
Jenis Usaha : …………………………………..
1………………………………………
2………………………………………
3………………………………………
4………………………………………
Alamat : …………………………………..
…………………………………..
Telp : …………………………………..
Fax :
HP : ……………………………… …...
E-Mail : ………………………………………..
Selanjutnya di sebut sebagai Pihak Kedua.


Pihak pertama dan kedua dengan ini mengikat suatu perjanjian kerjasama dengan kondisi sebagai berikut :


PASAL I
KEWAJIBAN

Pihak Pertama akan menayangkan/mempromosikan usaha Pihak Kedua pada situs sixteenhole.com atau catalog yang akan diterbitkan oleh sixteenhole.com yang mana bisa dilihat dan atau dibagikan kepada seluruh anggota 16Hole.

Pihak kedua memberikan penawaran sebagai berikut :
A. Diskon sebesar …………..% untuk member 16Hole pemegang kartu Silver atau Sms Voucher dan fasilitas tambahan berupa :
-.............................................
-.............................................
-.............................................
-.............................................
B. Diskon sebesar …………..% untuk member 16Hole pemegang kartu Gold atau Sms Voucher dan fasilitas tambahan berupa :
-.............................................
-.............................................
-.............................................
-.............................................
Penawaran tersebut diatas berlaku dengan menunjukkan kartu anggota sixteenhole.com.


Pihak Kedua wajib memasang sticker Mitra sixteenhole.com pada pintu masuk dan tempat kasir.
Pihak Kedua wajib mencatat kunjungan anggota 16Hole yang datang belanja / menggunakan jasa dan melaporkan ke 16Hole management pada tanggal 29 pada setiap bulannya.




PASAL II
SANKSI

Pihak Pertama akan menegur, dan jika berlanjut akan mencabut kerjasama dengan Pihak Kedua apabila Pihak Kedua tidak memberikan diskon/layanan tambahan kepada member sixteenhole.com seperti yang tercantum pada Pasal I.

PASAL III
LAIN-LAIN

a) Produk/layanan yang masuk dalam kategori usaha Merchant Mitra Sixteenhole adalah produk/jasa/layanan yang berhubungan dengan musik atau aksesoris musik (seperti : Tshirt, buku musik,studio rental dll) maupun café, rumah makan/restoran atau usaha lain. Pihak Pertama berhak untuk melakukan editing atau menghentikan penayangan materi Pihak Kedua apabila melanggar hal-hal yang berkaitan dengan tata susila atau dapat merugikan orang lain,atau merugikan pihak sixteenhole.com.
b) Masa berlaku kerjasama ini adalah 1 (satu) tahun setelah di tanda tanganinya surat perjanjian kerjasama ini.




Demikian surat kerja sama ini di buat untuk meningkatkan pelayanan sixteenhole.com kepada para anggotanya.





…………..,……………..20..


Pihak Pertama Pihak Kedua



Materai 6.000


( ) (tanda tangan & nama lengkap)



Keterangan Tambahan :
• Diskon yang diberikan untuk member 16Hole pemegang kartu Silver adalah minimal 5 % atau lebih
• Diskon yang diberikan untuk member 16Hole pemegang kartu Gold adalah minimal 10 % atau lebih.
• Merchant dapat memberikan layanan tambahan dan tidak bersifat wajib.
• Surat perjanjian ini di print & ditandatangi diatas materai Rp.6.000, setelah itu dikirimkan via pos ke alamat : Jl. Pancuran No.18 Cirebon 45122

Tidak ada komentar:

Posting Komentar